Rabu, 06 Mei 2015


Tujuan
1.      Dapat mengetahui apa saja spesifikasi yang dibutuhkan oleh perangkat server
2.      Dapat mengetahui apa saja spesifikasi yang dibutuhkan oleh perangkat client
3.      Dapat mengetahui software-software apa saja yang dibutuhkan untuk perangkat client dan perangkat server
Konsep Dasar
-         Windows Server 2008
Windows Server 2008 adalah nama sistem operasi untuk server dari perusahaan Microsoft. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut Windows Server 2003. Pada tanggal 15 Mei 2007, Bill Gates mengatakan pada konferensi WinHEC bahwa Windows Server 2008 adalah nama baru dari Windows Server "Longhorn".

Windows Server 2008 mendukung sistem klien dengan Windows Vista, mirip seperti hubungan antara Windows Server 2003 dan Windows XP. Versi Beta 1 dari sistem server ini pertama kali dikenalkan pada tanggal 27 Juli 2005, dan versi Beta 3-nya sudah diumumkan pada tanggal 25 April 2007 yang lalu. Produk ini rencananya akan dipasarkan pada pertengahan kedua tahun 2007 ini. Windows Server 2008 adalah nama sistem operasi untuk server dari perusahaan Microsoft. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut Windows Server 2003. Windows Server 2008 dibangun dari kode yang sama seperti Windows Vista; karenanya Windows Server 2008 memiliki arsitektur dan fungsionalitas yang sama dengannya. Karena Windows Vista, oleh Microsoft, menawarkan kemajuan secara teknis dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya, maka hal-hal yang dimiliki oleh Windows Vista juga dimiliki oleh Windows Server 2008. Contohnya adalah network stack yang ditulis lagi dari awal (IPv6, jaringan nirkabel, kecepatan, dan peningkatan keamanan); instalasi yang lebih mudah; diagnosa, pemantauan dan pencatatan yang lebih baik; keamanan yang lebih tangguh seperti BitLocker Drive Encryption, Address Space Layout Randomization (ASLR), Windows Firewall yang lebih baik; teknologi Microsoft .NET Framework 3.0, seperti Windows Communication Foundation, Microsoft Message Queuing (MSMQ), dan Windows Workflow Foundation (WFW), dan juga peningkatan pada sisi kernel.



-         Windows 7
Windows 7 adalah versi windows terakhir yang menggunakan menu start yang menggantikan versi windows sebelumnya, Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista.

Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista. Presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada tahun 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touchpada layar, desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup, dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak disertakan lagi di Windows 7, kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials yang gratis.

   1. Spesifikasi Hardware

-  Perangkat Server (Windows Server 2008)

1.      Windows Server 2008 Standard

Processor
Memori
Harddisk
Minimal : 1 GHz
Minimal : 1 GB
Minimal : 10 GB
Recommended :
> 2 GHZ
Recommended :
> 2 GB
Recommended :
> 40 GB

2.      Windows Server 2008 Enterprise

Processor
Memori
Harddisk
Minimal : 1 GHz
Minimal : 1 GB
Minimal : 10 GB
Recommended :
> 2 GHZ
Recommended :
> 2 GB
Recommended :
> 40 GB

3.      Windows Server 2008 Datacenter

Processor
Memori
Harddisk
Minimal : 1 GHz
Minimal : 1 GB
Minimal : 10 GB
Recommended :
> 2 GHZ
Recommended :
> 2 GB
Recommended :
> 40 GB

4.      Windows Server 2008 Standard (Server Core Installation)

Processor
Memori
Harddisk
Minimal :
256 MHz
Minimal :
500 MB
Minimal :
8 GB
Recommended :
> 1,5 GHZ
Recommended :
> 1 GB
Recommended :
> 30 GB



5.      Windows Server 2008 Enterprise (Server Core Installation)

Processor
Memori
Harddisk
Minimal :
256 MHz
Minimal :
500 MB
Minimal :
8 GB
Recommended :
1,5 GHZ
Recommended :
1 GB
Recommended :
> 30 GB

6.      Windows Server 2008 Datacenter (Server Core Installation)

Processor
Memori
Harddisk
Minimal :
256 MHz
Minimal :
500 MB
Minimal :
8 GB
Recommended :
1,5 GHZ
Recommended :
1 GB
Recommended :
> 30 GB

-   Perangkat Client (Windows 7)

Processor
Memori
Harddisk
Minimal :
1 GHz (untuk 32-bit/64-bit)
Minimal :
1 GB (32-bit)
2 GB (64-bit)
Minimal :
16 GB (32-bit)
20 GB (64-bit)
Recommended :
> 1 GHz (untuk 32-bit/64-bit)
Recommended :
> 1 GB (32-bit)
> 2 GB (64-bit)
Recommended :
> 16 GB (32-bit)
> 20 GB (64-bit)



2.  Software

  2.1   Perangkat Server

   1. File Server, fungsinya sebagai media layanan transfer berbagai jenis file, baik audio maupun video dan dokumen, File server bisa berarti komputer yang digunakan untuk menampung data-data yang dimiliki oleh sejumlah client. Kapasitas penyimpanan server tersebut juga tergantung dari kapasitas HDD yang dimiliki oleh server tersebut.
  2. Server Database, seperti namanya. Server ini melayani servis bagi client yang membutuhkan layanan penyimpan database. Dalam server database tersebut, bisa berisi ratusan ataupun ribuan database dari banyak User. Biasanya database tersebut di kelompokan atau disimpan per-user yang memakai database tersebut. Agar tidak terjadinya pencurian data.   
  3. Web Server adalah sebuah software yang melayani permintaan berupa https dari pc/client yang terhubung dalam jaringan (internet/intranet) dan memberikan suatu hasil berupa halaman-halaman web yang ditampilkan dalam web browser. Web server menggunakan port 80.    
  4. Mail server mempunyai peran untuk melayani client dalam hal mail surat . Surat dalam hal ini, client bisa mengirimkan pesan ke client yang lain, yang dimana surat tersebut bisa di simpan dalam server mail itu juga. Selain sebagai tempat untuk menyimpan surat, server mail juga menyediakan layanan pelengkap mail service sebagai web interface untuk memudahkan client menulis surat dan mengorganisir surat yang di punya client
  5. Server ini bisa digunakan untuk pusat layanan percetakan (print) bagi client. Dengan adanya server ini, segala aktivitas print bisa dilakukan secara bersama dan menghemat biaya hardware karena meskipun terdapat satu printer, printer tersebut bisa digunakan oleh banyak komputer.
   6. Terminal Server, fungsinya sebagai pusat pengendali jaringan dan tutoring jaringan.
  7. Wide Area Information Server (disingkat menjadiWAIS) adalah sebuah sistem pencarian dan pembukaan dokumen di Internet yang berbasis system operasi UNIX yang dapat digunakan untuk mencari dokumen pada lebih dari 500 pustaka WAIS (yang disebut sebagai WAIS Library) di Internet seperti halnya Project Gutenberg (situs buku elektronik gratis), dengan menemukan berkas-berkas yang telah diindeksasi yang cocok dengan keyword (kata kunci) yang dimasukkan oleh pengguna. WAIS juga dapat digunakan sebagai mesin pencari (search engine) dalam sebuah situs web individual.
 8. DHCP server, merupakan sebuah mesin yang menjalankan layanan yang dapat “menyewakan” alamat IP dan informasi TCP/IP lainnya kepada semua klien yang memintanya. Beberapa sistem operasi jaringan seperti Windows NT Server, Windows 2000 Server, Windows Server 2003, atau GNU/Linux memiliki layanan seperti ini.


2.2  Perangkat Client (Windows 7)

Aplikasi atau software yang dibutuhkan untuk Windows 7, yaitu :
1.    Anti virus
2.    Microsoft Office
3.    Web browser
4.    Adobe reader
5.    Media player
6.    WinRAR
7.    Tuneup Utillities
8.    Driverpack
9.    Dan Lain Sebagainya



   KESIMPULAN :

Penulis telah melakukan sebuah penelitian untuk dapat menyimpulkan dan mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh server baik hardware maupun softwarenya. Penulis menggunakan Windows Server 2008 sebagai server yang melayani client dan menggunakan Windows 7 sebagai Client yang menggunakan layanan dari server.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!