Senin, 18 Mei 2015



Tujuan

1. Dapat mengetahui bagaimana cara menginstall Active Directory di Windows Server 2008
2. Dapat mengetahui bagaimana caranya join domain dari Windows Server 2008 ke Windows 7

Konsep Dasar

1. Windows Server 2008
 Windows Server 2008 adalah nama sistem operasi untuk server dari perusahaan Microsoft. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut Windows Server 2003. Pada tanggal 15 Mei 2007, Bill Gates mengatakan pada konferensi WinHEC bahwa Windows Server 2008 adalah nama baru dari Windows Server "Longhorn".

Windows Server 2008 mendukung sistem klien dengan Windows Vista, mirip seperti hubungan antara Windows Server 2003 dan Windows XP. Versi Beta 1 dari sistem server ini pertama kali dikenalkan pada tanggal 27 Juli 2005, dan versi Beta 3-nya sudah diumumkan pada tanggal 25 April 2007 yang lalu. Produk ini rencananya akan dipasarkan pada pertengahan kedua tahun 2007 ini. Windows Server 2008 adalah nama sistem operasi untuk server dari perusahaan Microsoft. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut Windows Server 2003. Windows Server 2008 dibangun dari kode yang sama seperti Windows Vista; karenanya Windows Server 2008 memiliki arsitektur dan fungsionalitas yang sama dengannya. Karena Windows Vista, oleh Microsoft, menawarkan kemajuan secara teknis dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya, maka hal-hal yang dimiliki oleh Windows Vista juga dimiliki oleh Windows Server 2008. Contohnya adalah network stack yang ditulis lagi dari awal (IPv6, jaringan nirkabel, kecepatan, dan peningkatan keamanan); instalasi yang lebih mudah; diagnosa, pemantauan dan pencatatan yang lebih baik; keamanan yang lebih tangguh seperti BitLocker Drive Encryption, Address Space Layout Randomization (ASLR), Windows Firewall yang lebih baik; teknologi Microsoft .NET Framework 3.0, seperti Windows Communication Foundation, Microsoft Message Queuing (MSMQ), dan Windows Workflow Foundation (WFW), dan juga peningkatan pada sisi kernel.

2.      Windows 7

Windows 7 adalah versi windows terakhir yang menggunakan menu start yang menggantikan versi windows sebelumnya, Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista.

Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista. Presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada tahun 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touchpada layar, desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup, dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak disertakan lagi di Windows 7, kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials yang gratis.





 Langkah-langkah

               1.      Yang Pertama, buka Server Manager lalu pilih Roles dan klik Add Roles





2.      Setelah masuk ke Add Roles, akan dimulai proses penginstallan, dalam proses ini langsung klik Next saja



3.      Lalu, kita masuk ke dalam proses Select Server Roles, karena saya ingin menginstall Active Directory, saya pilih Active Directory Domain Services dan klik Next


4.      Pada proses ini, kalian langsung klik Next saja


5.      Lalu, masuk ke dalam bagian Confirm Installation Selections, pada bagian ini kalian langsung klik Install dan proses penginstallan sudah dimulai.
 \

6.      Inilah proses penginstallan Active Directory


                             7.      Proses instalasi Active Directory telah selesai, dan langsung klik Close saja.


8.      Kemudian, klik Roles Active Directory Domain Services


9.      Setelah itu, klik Run the Active Directory Domain Services Installation Wizard (dcpromo.exe)


10.  Dan akan muncul tab baru, pada bagian ini kalian centang pada tulisan Use Advanced Mode Installation, dan klik Next


11.  Kemudian, masuk ke dalam bagian Operating System Compatibility, pada bagian ini kita langsung klik Next saja.


12.  Kemudian, kita masuk ke dalam bagian Choose a Deployment Configuration, pada bagian ini, pilih Create a New Domain in a New Forest (karena kita ingin membuat domain untuk server)


13.  Lalu, kita masuk ke dalam proses membuat domain, untuk nama domainnya, saya tulis domain “Damar.net” dan langsung klik Next.


14.  Dan kita masuk ke dalam bagian Domain NetBIOS Name, untuk bagian ini, saya beri nama WIJATI dan langsung klik Next.


15.  Kemudian, masuk ke dalam bagian Set Forest Functional Level, pada bagian ini, saya pilih Windows Server 2008, karena saya menginstall Active Directory menggunakan Windows Server 2008 dan klik Next.


16.  Lalu, kita masuk ke dalam bagian Additional Domain Controller Options, untuk bagian ini, pilih DNS Server dan langsung klik Next

17.  Dan akan muncul Static IP Assignment, untuk bagian ini, pilih Yes, the Computer will use a dynamically assigned IP Address (not Recommended).
.
18.  Pada bagian ini, langsung klik Next saja



19.  Dan kita masuk ke dalam bagian Directory Services Restore Mode Administrator Password, untuk bagian ini, buat Password untuk Join Domain ke Windows 7 (untuk kali ini saya buat password yang sama dengan password untuk masuk ke Windows Server 2008) dan klik Next.


20.  Pada bagian ini, langsung klik Next saja.



21.  Dan akan muncul proses penyelesaian instalasi DNS Server, pada bagian ini, centang pada tulisan Reboot on Completion (agar restart secara langsung).



22.  Jika proses restart telah selesai, kita log in untuk masuk ke Desktop Windows Server 2008 dan klik enter.



23.  Jika sudah masuk ke desktop, kita masuk ke bagian DNS Server. Kita klik Start, lalu klik Administrative Tools, dan kemudian pilih DNS.



24.  Dan kita masuk ke bagian DNS Manager. Untuk bagian ini, klik Forward Lookup Zones dan pilih damar.net.



25.  Setelah itu, klik kanan pada domain damar.net, lalu pilih New Host (A or AAAA) untuk membuat host baru.


26.  Dan kita masuk ke bagian pembuatan host. Untuk name, saya tulis name “marda”, dan untuk IP Address, saya tulis IP “192.168.1.41” dan klik Add Host.

  
27.  Dan akan muncul tulisan “the host record marda.damar.net was successfully created” yang menandakan bahwa pembuatan host baru berhasil dan klik OK.

28.  Dan kita masuk ke Windows 7. Yang pertama, kita atur IP terlebih dahulu, kita atur IP sesuai dengan yang kita buat pada saat pembuatan host baru di Windows Server 2008. Jika sudah, klik OK



29.  Setelah itu, kita coba untuk join domain ke domain damar.net. Yang pertama, klik start, lalu klik kanan pada menu computer, pilih properties


30.  Lalu, pilih change settings.


31.  Dan kita masuk ke bagian System Properties. Setelah itu, pilih Change.


32.  Kemudian, kita masuk ke bagian Computer Name/Domain Changes. Untuk Computer Name, tulis nama “marda” (sesuai dengan host baru yang dibuat di Windows Server 2008) dan domain tetap “damar.net” dan klik OK.


33.  Jika sudah berhasil, akan muncul seperti ini. Permintaan untuk join domain sudah diperbolehkan.


34.  Lalu, masukkan user name dan password. Untuk nama username, log in sebagai administrator, dan untuk password, kita menggunakan password yang kita gunakan pada saat log in di Windows Server 2008 dan klik OK.


35.  Dan akan muncul seperti gambar berikut, anda sudah diperbolehkan untuk join domain “damar.net”.


36.  Setelah itu, Windows 7 akan merestart.

37.  Setelah restart, kita diminta untuk log in ke desktop dengan username “marda” dan computer name “user”, password tidak usah diisi dan kitapun bisa join domain yang kita buat di Windows 7.



0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!