Minggu, 03 Mei 2015

 
 
 
TUJUAN

1. Dapat mengetahui bagaimana cara  menginstall mikrotik di GNS3 dengan menggunakan qemu

2. Dapat mengetahui menginstall mikrotik di GNS3 tanpa harus menginstall melalui virtual box

KONSEP DASAR

1. Mikrotik

Mikrotik adalah sebuah sistem operasi termasuk di dalamnya perangkat lunak yang dipasang pada suatu komputer sehingga komputer tersebut dapat berperan sebagai jantung network, pengendali atau pengatur lalu-lintas data antar jaringan, komputer jenis ini dikenal dengan nama router. Jadi intinya mikrotik adalah salah satu sistem operasi khusus untuk router. Mikrotik dikenal sebagai salah satu Router OS yang handal dan memiliki banyak sekali fitur untuk mendukung kelancaran network.
 
2. GNS3

GNS3 adalah sebuah program graphical network simulator yang dapat mensimulasikan topologi jaringan yang lebih kompleks dibandingkan dengan simulator lainnya. Program ini dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, atau Mac OS X.
 
Untuk memungkinkan simulasi lengkap, GNS3 memiliki beberapa komponen yaitu:

a)  Dynamips
Dynamips merupakan software yang dibuat oleh Christophe Fillot. Software ini untuk mensimulaikan IOS router Cisco seri 1700, 2600, 3600, 3700, dan 7200. Dynamips dikembangkan untuk keperluan training, testing, eksperimen, dan menguji kualitas konfigurasi IOS pada router secara real. Software ini berbasis CLI dan tidak memiliki mode GUI sehingga harus memahami perintah-perintahnya. Dynamips mampu berjalan dibeberapa sistem operasi seperti linux dan windows.

b)  Dynagen
Dynagen dibuat oleh Greg Anuzelli merupakan program front-end untuk dynamips yang berfungsi untuk menyederhanakan konfigurasi dynamips.

c)  Qemu
Untuk membuat suatu simulasi jaringan di GNS3 terkadang kita memerlukan keberadaan end user device untuk keperluan test koneksi end to end sehingga simulasi routing menjadi terasa lebih realistic. Qemu merupakan aplikasi emulator yang mengandalkan translasi binary untuk mencapai kecepatan yang layak saat berjalan di arsitektur komputer host. Dalam hubungannya dengan komputer host, Qemu menyediakan satu perangkat model yang memungkinkan untuk menjalankan berbagai sistem operasi yang belum dimodifikasi sehingga dapat ditampilkan dalam hosted virtual machine monitor. Qemu juga dapat memberikan dukungan percepatan modus campuran binary translation (untuk kernel code) dan native execution (untuk user code)

d)  WinPCAP
WinPcap adalah tool standar yang digunakan pada industri untuk mengakses link-layer network pada lingkungan kerja Windows. WinPCap mengizinkan aplikasi untuk mengambil dan mentransmisikan paket-paket jaringan, serta mendukung kernel-level packet filteringnetwork statistics engine, dan remote packet capture.

e)  VPCS
Merupakan emulator PC/node

Prinsip kerja dari GNS3 adalah mengemulasi Cisco IOS pada komputerAnda, sehingga PC Anda dapat berfungsi layaknya sebuah atau beberapa router bahkan switch, dengan cara mengaktifkan fungsi dari EthernetSwitch Card.
GNS3 dirilis dalam proyek open source dan tersedia dalam berbagai platform OS, seperti Windows, Linux dan MAC OSX.

BAHAN 

1. ISO Mikrotik (Mikrotik 5.20 / 5.25 / 6.27)

2. Aplikasi GNS3 
 
LANGKAH-LANGKAH 
 
1. Yang pertama, kita masuk ke CMD (untuk Windows 7 : Klik Start --> tulis CMD di "search programs" --> lalu enter --> klik kanan, pilih Run As Administrator) (untuk Windows 8 : Klik Windows + R --> tulis CMD --> lalu enter)



2. Setelah masuk ke CMD, keluarkan dari direktori user sebanyak 2 kali dengan perintah cd .. dan terlebih dahulu masuk ke direktori Program Files dengan perintah cd "Program Files". Jika sudah masuk ke direktori Program Files, kita masuk ke GNS3 dengan perintah C:\Program Files>cd GNS3.
 

3. Setelah itu, copy file ISO Mikrotik (versi terserah kalian) dan paste ke dalam folder Program Files GNS3


 
4. Kemudian, buat perintah untuk membuat file mikrotik.img dengan perintah C:\Program Files\GNS3>qemu-img.exe create -f qcow2 mikrotik.img 256M.
 
 
 5. Setelah itu, kita mulai proses penginstallan mikrotik dengan perintah C:\Program Files\GNS3>qemu.exe mikrotik.img -boot d -cdrom "mikrotik-5.20.iso" (Nama File ISO Mikrotik harus sesuai dengan file ISO yang kita letakkan di dalam folder GNS3).


6. Dan proses instalasi Mikrotik sudah berjalan, seperti pada gambar berikut.


7. Setelah proses instalasi sudah selesai, akan secara otomatis muncul tab baru. Lalu, tekan tombol keyboard "A" untuk menandai semua menu yang ingin diinstal (jika tidak ada menu yang tidak ingin diinstal, klik "Space" pada keyboard), lalu tekan tombol keyboard "I" untuk menginstall menu yang sudah diberi tanda dan tekan tombol keyboard "Y" sebanyak dua kali untuk menyetujui penginstallan.


8. Jika proses penginstallan sudah selesai, akan muncul tulisan "press enter to reboot" lalu klik enter dan langsung di close tab QEMUnya, jika tidak nanti akan install lagi.


9. Lalu, buka aplikasi GNS3. Kemudian, klik edit --> Preferences.


10. Kemudian, pilih menu Qemu. Lalu, klik tulisan "Test Settings" dan tunggu sampai muncul tulisan berwarna hijau.


11. Setelah itu, klik menu Qemu Guest. Kemudian klik browse atau kotak titik-titik pada binary image. Cari file mikrotik.img di program files GNS3 dan klik Open. Lalu, klik save --> apply --> ok.


12. Kemudian, klik edit dan pilih symbol manager. Lalu, pilih simbol router. Kemudian klik tanda panah ke kanan dan ketik name menjadi mikrotik1 dan typenya qemu guest dan klik apply --> ok.


13. Lalu, pilih all devices. Kemudian, klik gambar router mikrotik dan seret gambar tersebut ke sebelah kanan (yang laman kosong).

14. Kemudian, klik kanan dan pilih start pada gambar router mikrotik


15. Lalu, akan muncul tampilan log in. Untuk log in ke mikrotik, log in sebagai admin dan password tidak usah diisi atau kosong.


16. Setelah itu akan tampil gambar seperti di bawah ini yang akan menandakan bahwa anda telah berhasil menginstall mikrotik dengan qemu GNS3. 


Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!