Sabtu, 02 Mei 2015


PERKEMBANGAN KOMUNIKASI ANALOG DAN DIGITAL

1.     Teknologi Analog

Pengertian teknologi analog adalah merupakan suatu bentuk perkembangan teknologi sebelum berkembangnya teknologi digital. Pada dasarnya analog merupakan perkembangan teknologi yang masih menggunakan sistem yang manual,dalam artian belum sepenuhnya dapat bekerja secara otomatis seperti pada teknologi digital. Teknologi analog pada dasarnya hanyalah alat yang sederhana dengan program yang tertentu saja.
Teknologi analog merupakan proses pengiriman sinyal dalam bentuk gelombang. Sinyal analog bekerja dengan mentransmisikan suara dan gambar dalam bentuk gelombang kontinu (continous varying). Misalnya ketika seseorang berkomunikasi dengan menggunakan telepon, maka suara yang dikirim melalui jaringan telepon tersebut dilewatkan melalui gelombang. Dan kemudian, ketika gelombang ini diterima, maka gelombang tersebut yang diterjemahkan kembali ke dalam bentuk suara, sehingga si penerima dapat mendengarkan apa yang disampaikan oleh pembicara lainnya dari komunikasi tersebut. Sinyal analog merupakan pemanfaatan dari gelombang elektromagnetik.

Kelebihan Komunikasi Analog :


Sistem analag memiliki potensi jumlah tak terbatas dalam resolusi sinyal. Dibandingkan dengan sinyal-sinyal digital, sinyal analog kepadatan tinggi, dapat dilakukan pengolahan lebih sederhana dibandingkan dengan setara digital. Sinyal analog dapat diproses secara langsung oleh komponen analog, meskipun beberapa proses tidak tersedia kecuali dalam bentuk digital.


Kekurangan Komunikasi Analog :


Kelemahan dari teknologi ini adalah tidak bisa mengukur sesuatu dengan cukup teliti. Karena hal ini disebabkan kemampuan mereka untuk secara konsisten terus – menerus merekam perubahan yang terus menerus terjadi, dalam setiap pengukuran yang dilakukan oleh teknologi analog ini selalu ada peluang keragu – raguan akan hasil yang dicapai, dalam sebuah teknologi yang membutuhkan ketepatan kordinasi dan ketepatan angka – angka yang benar dan pas, kesalahan kecil akibat kesalahan menghitung akan berdampak besar dalam hasil akhirnya. Dan teknologi ini butuh ketepatan dan ketelitian yang akurat, salah satu bentuknya adalah otak kita.


Contoh:

1. Telepon

Pengiriman suara dilewatkan melalui gelombang elektromagnetik ini, yang bersifat variable dan berkelanjutan. Satu komplit gelombang dimulai dari voltase nol kemudian menuju voltase tertinggi dan turun hingga voltase terendah dan kembali ke voltase nol. Kecepatan dari gelombang ini disebut dengan hertz (Hz) yang diukur dalam satuan detik.Misalnya dalam satu detik, gelombang dikirimkan sebanyak 10, maka disebut dengan 10 Hz.


2. Televisi

Sinyal gambar pada televisi, atau suara pada radio yang dikirim secara berkesinambungan. Pelayanan dengan menggunakan sinyal ini agak lambat dan mudah error dibandingkan dengan data dalam bentuk digital. Gelombang analog ini disebut dengan baud. Baud adalah sinyal atau gelombang listrik analog. Satu gelombang analog sama dengan satu baud.Kelemahan dari sistem ini adalah tidak bisa mengukur sesuatu dengan cukup teliti. Karena hal ini disebabkan kemampuan mereka untuk secara konsisten terus – menerus, merekam perubahan yang terus menerus terjadi, dalam setiap pengukuran yang dilakukan oleh sistem analog ini selalu ada peluang keragu – raguan akan hasil yang dicapai, dalam sebuah sistem yang membutuhkan ketepatan koordinasi dan ketepatan angka – angka yang benar dan pas, kesalahan kecil akibat kesalahan menghitung akan berdampak besar dalam hasil akhirnya. Sistem ini butuh ketepatan dan ketelitian yang akurat, salah satu bentuknya adalah otak kita.Contoh saja telepon yang berbasis analog, telepon yang pada awalnya ditemukan pada tahun 1876, diniatkan sebagai media untuk mengirimkan suara, dan salah satu untuk mengirimkan suara, dan salah satu penerapan konsep analog. Sampai pada tahun 1960-an, penerapan analog ini masih tetap bertahan. Setelah itu mulai mengarah kepada teknologi digital.Begitu juga dengan televisi analog adalah televisi yang menerjemahkan sinyal menggunakan gelombang radio. Pemancar televisi mengirimkan gambar dan suara melalui gelombang radio, diterima oleh antena di rumah dan diterjemahkan menjadi gambar yang kita tonton.



2.     Teknologi Digital



Sebuah perangkat elektronik yang menggunakan IC (intregratet circuit) dapat dikatakan sebagai teknologi digital. IC tersebut harus terprogram secara khusus dan mempunyai karakteristik tertentu,IC juga biasa disebut sebagai microcontroller. Sehingga dengan adanya alat tersebut maka seseorang yang mengunakan alat akan terasa mudah dan sederhana walaupun komponen alat tersebut rumit dan canggih.digital yang identik dengan tombol yaitu teknologi digital merupakan teknologi digital yang menggunakan tombol untuk megoperasikan secara otomatis. Sampai saat sekarang hampir semua barang elektronik yang beredar di masyarakat menggunakan teknologi digital,tujuannya untuk mempermudah dan mengefesiensikan kegiatan bagi pengunanya dalam waktu dan kegiatan yang terbatas. Manusia tidak lagi tertarik dengan bentuk fisik barang elektronik yang beredar melainkan manusia lebih tertarik dengan alat elektronik berdasarkan fungsi dan system operasi dari teknologi itu sendiri.



Teknologi digital mempunyai system pengoperasian dalam suatu alat secara otomatis, dan tidak lagi kita menggunakan alat tersebut secara manual.

Teknologi digital memang sudah masuk di tanah air kita dan mempengaruhi kehidupan masyarakat baik dalam kehidupan pribadi maupun social masyarakat sekitar kita.

Merancang sebuah komponen digital memang tidak mudah, selain ada proses penambahan komponen IC, IC itu sendiri juga harus masih deprogram secara khusus sehinnga pembuatan perangkat digital jauh lebih sulit. Hal ini yang mengakibatkan perangkat digital lebih mahal dari pada perangkat anolog. Selain itu dalam perangkat digital selain IC juga menggunakan beberapa jenis sensor yang cukup rumit dan sensitif. Semakin tinggi nilai sensitifitas suatu sensor dan semakin luas daya jangkauannya maka semakin mahal pula komponenelektronik tersebut.

Apa yang dilakukan microcontroller sebenarnya sama dengan apa yang dilakukan oleh computer,namun dalam skala yang kecil.Dan dengan dasar itu jugalah computer itu dirancang sedemikian canggih,oleh sebab itu semua yang ada dalam peralatan computer merupakan teknologi mdigital.Untuk mengerti apa yang dimasksud dengan rangkaian digital rasanya akan lebih mudah untuk mempelajarinya maka terlebih dahulu kita mengetahui rangkaian sederhananya.

Digital identik dengan beberapa rangkaian yaitu:

  1. IC seperti yang dijelaskan diatas
  2. Layar maupun LCD karena komponen tersebut daijadikan sebagai penayang ataupun indicator alat elektronok tersebut.
  3. Angka 0-9. Mengapa demikian karena setiap alat digital selalu adentik dengan angka, misalnya angka 0 dinyatakan dengan off dan sebaliknya bahwa angka on dinyatakan dengan 1
  4. Gate, yaitu ada tidaknya suatu tegangan yang dihasilkan dan yang melewati komponen tersebut

Kelebihan Komunikasi Digital :



  • Teknologi digital menawarkan biaya lebih rendah, keandalan (reability) lebih baik, pemakain ruang yang lebih kecil dan konsumsi daya yang lebih rendah
  • Teknologi digital membuat kualitas komunikasi tidak tergantung pada jarak
  • Jaringan digital ideal untuk komunikasi data yang semakin berkembang
  • Teknologi digital memungkinkan pengenalan layanan-layanan baru
  • Teknologi digital menyediakan kapasitas transmisi yang besar
  • Kemampuan memproduksi sinyal yang lebih baik dan akurat.
  • Mempunyai reliabilitas yang lebih baik (noise lebih rendah akibat imunitas yang lebih baik).
  • Fleksibilitas dan fungsionalitas yang lebih baik.
  • Kemampuan pemrograman yang lebih mudah.
  • Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang mengakibatkan informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
  • Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.

Kekurangan Komunikasi Digital :


Sistem digital juga mempunyai beberapa kerugian dibandingkan dengan sistem analog, bahwa sistem digital memerlukan bandwidth yang besar. Sebagai contoh, sebuah kanal suara tunggal dapat ditransmisikan menggunakan single – sideband AM dengan bandwidth yang kurang dari 5 kHz. Dengan menggunakan sistem digital, untuk mentransmisikan sinyal yang sama, diperlukan bandwidth hingga empat kali dari sistem analog. Kerugian yang lain adalah selalu harus tersedia sinkronisasi. Ini penting bagi sistem untuk mengetahui kapan setiap simbol yang terkirim mulai dan kapan berakhir, dan perlu meyakinkan apakah setiap simbol sudah terkirim dengan benar.


Contoh :


1. AC


Alat pendingin yang digunakan diruangan yang menggunakan teknologi digital yaitu ada sebuah sensor khusus yang akan bekerja mengamati suhu ruangan lalu sensor tersebut akan melaporkan pada IC apakah sudah sesuai apa belum. Jika IC menilai bahwa suhu belum mencukupi, maka kerja AC akan dipacu lebih keras namun jika ternyata suhu yang ditangkap lebih rendah maka IC akan memerintahkan untuk bekerja lebih tenang dibanding dengan kerja yang sebelumnya.
2. Kalkulator


Jika anda menekan tombol angka 1 maka layer LCD akan menunjuk angka 1 hal ini menandai adanya sebuah IC yang telah terprogram yang dapat mengetahui bahwa jika tombol satu yang ditekan maka IC akan memerintahkan LCD agar menyala pada bagian tertentu sehingga tampil angka 1.


3. Komputer


Komputer merupakan alat elektronik yang lebih rumit yaitu system kerjanya mirip dengan kalkulator tetapi lebih canggih dan rumit.


4. Telepon Genggam


Alat komunikasi yang berukuran segenggaman tangan yang bisa memuat beberapa aspek elektronik misal pemutar musik dan film, kamera, jam, dll.


5. Kamera Digital


Kamera yang tidak menggunakan roll film dan sudah menggunakan LCD dalam penampakan atau menampilkan objek foto yang akan dipotret.
 

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!