Kamis, 28 Mei 2015



Tujuan


1. Dapat mengetahui bagaimana cara mengubah nama interface 

2. Dapat mengetahui bagaimana cara disable dan enable interface
3. Dapat mengetahui bagaimana cara membuat dan menghapus VLAN 
4. Dapat mengetahui bagaimana cara mengubah dari routerboard menjadi switch

Konsep Dasar


Interface

merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Interface dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.

VLAN

merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. Vlan dibuat dengan menggunakan jaringan pihak ke tiga. VLAN merupakan sebuah bagian kecil jaringan IP yang terpisah secara logik. VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan kecil (subnet) berada dalam jaringan switched switched yang sama. Agar computer bisa berkomunikasi pada VLAN yang sama, setiap computer harus memiliki sebuah alamat IP dan Subnet Mask yang sesuai dengan VLAN tersebut. Switch harus dikonfigurasi dengan VLAN dan setiap port dalam VLAN harus didaftarkan ke VLAN. Sebuah port switch yang telah dikonfigurasi dengan sebuah VLAN tunggal disebut sebagai access port.

Langkah-Langkah

A. Mengubah nama dan comment Interface

1. Buka aplikasi Winbox. Lalu, buka terminal di winbox dengan cara klik menu New Terminal



2. Kemudian, kita melihat dulu interface yang ada pada routerboard dengan perintah interface print


3. Setelah itu, kita ubah nama interface dengan perintah interface set # name. Untuk contoh, kita ubah ether 1 menjadi public dan ubah ether 2 menjadi local. Kemudian, kita lihat hasilnya dengan perintah interface print.
(untuk proses ini, saya menggunakan perintah interface set name, tanpa menggunakan nomor ethernet yang akan diubah. Jika seperti itu, akan muncul perintah numbers, kita disuruh untuk memasukkan nomor ether yang akan diubah).



B. Disable dan Enable Interface

4. Sekarang kita coba melihat kembali interface yang ada di routerboard dengan perintah interface print


5. Kemudian, kita coba untuk mematikan interface yang masih aktif dengan perintah  interface disable 0,1,2 ( nomor nama interface yang akan dimatikan) dan seperti inilah hasilnya. Interface yang sebelumnya aktif, menjadi tidak aktif yang ditandai dengan muncul tanda "X" pada bagian # nomor 0, 1 dan 2


6. Setelah kita mencoba mematikan interface yang ada pada routerboard, sekarang kita coba untuk menyalakan kembali interface yang dimatikan tadi dengan perintah interface enable 0,1,2 dan seperti inilah hasilnya. Interface yang semula tidak aktif, akan aktif kembali yang ditandai tidak muncul tanda "X" pada bagian # nomor 0, 1 dan 2



C. Membuat dan menghapus VLAN

7. Sekarang kita coba membuat VLAN. Terlebih dahulu kita cek ethernet dengan perintah interface ethernet print


8. Kemudian, kita buat VLAN baru dengan perintah interface vlan add name="nameVLAN" interface="name" vlan-id="vlanid", lalu klik enter. Setelah itu kita lihat hasilnya dengan perintah interface print dan inilah hasilnya. VLAN berhasil ditambah.


9. Kemudian, kita coba hapus VLAN yang kita buat tadi dengan perintah interface vlan remove "nameVLAN" dan kemudian lihat hasilnya dengan perintah interface print dan seperti ini tampilannya, VLAN yang kita buat sebelumnya sudah hilang atau sukses proses penghapusannya.



D. Merubah Routerboard menjadi Switch

10. Pertama, kita cek interface ethernet pada routerboard dengan perintah interface ethernet print

11. Setelah itu, kita ubah dari routerboard menjadi switch dengan perintah interface ethernet set 0,1,2 master-port=local. Jika berhasil, akan muncul Huruf S (Switch) pada interface ethernet yang kita ubah tadi, yang artinya kita berhasil merubahnya dari Routerboard menjadi Switch


Keterangan :

- 0,1,2 = "#" interface ethernet (ether3, ether4, dan ether5) yang akan kita ubah dari routerboard menjadi switch 


Selesai...

Semoga Bermanfaat...
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!